Mansuar merupakan satu dari sekian banyak pulau-pulau cantik di Raja Ampat. Pantai ini dikelilingi pasir seputih kristal dan sangat halus seperti tepung. Jelas keberadaannya melengkapi keindahan Raja Ampat yang terbentang luas dan tak terbantahkan.

Mansuar terdiri dari Pulau Mansuar Kecil dan Pulau Mansuar Besar yang letaknya berdampingan, serta bertatapan langsung dengan Pulau Gam. Pulau Mansuar Kecil lebih populer dan lebih sering dikunjungi wisatawan, disebut juga dengan Pulau Kri lantaran terdapat Kri Eco Resort di sana.

Nikmatilah suasanya yang benar-benar sunyi di Pulau Kri karena tak satu pun warga lokal yangmembangun tempat tinggalnya. Biota lautnya tak perlu ditanya lagi, sudah menjadi identitas Raja Ampat bahwa karang-karang yang bersembunyi di perairannyamembentuk titik menyelam terbaik di dunia. Kesempurnaan juga dihadirkan dari kawasan perbukitan yang menyimpan beragam jenis tumbuhan tropis dan menjadi rumah bagi anggrek-anggrek alam.

Fasilitas di Pulau Kri sudah tergolong baik karena terdukung oleh adanya penginapan.Suplai air bersih pun mudah didapat sebab kawasan perbukitan mengelilinginya.  Oleh sebab itu, tak heran jika baik turis lokal maupun mancanegara berkeliling ke pulau-pulau lain namun memilih bermalam di sini.

Sepulangnya Anda dari Pulau Kriniscaya akan merindukan nyanyian burung-burung Papua dari pepohonan yang tumbuh rindang menyejukkan udara. Homestay dan resor dibangun dalam bentuk rumah panggung serta terbuatdari kayu-kayuuntuk memperkuat nuansa alam,terlebih sambil mendengar suara ombak berdebur sayu-sayu.

Operator menyelam Papua Diving menyewakan perlatan selam termasuk panduan yang didukung oleh dive master berpengalaman, jangan ragu untuk mengekplorasi kehidupan bawah laut di Pulau Mansuar.

Anda bisa menyewa perahu untuk diarahkan ke titik-titik menyelam yang cantik. Setelahnya bisa mengunjungi desa-desa wisata seperti Desa Airborek, Desa Sawinggrai, atau sekadar melakukan aktivitas birdwatchingdan mengunjungi hutan anggrek.

Anda bisa meraih pulau ini dari Pelabuhan Perikanan yang ada di Kota Sorong. Bisa juga dariWaisai, ibukota Raja Ampatyang membutuhkanwaktu sekira 30 menit menggunakan speedboatmenuju Pulau Mansuar. Anda disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu di tempat menginap untuk nantinya dijemput menggunakan speedboatoleh pihak penginapan.

Pulau MansuarKecil lebih memungkinkan dijadikan tempat bermalam karena Anda akan menemukan banyak pilihan penginapan di sini. Ada Koranu Fyak Bungalows yang masih sangat tradisional dan membawa Anda langsung berhadapan dengan jernihnya laut Mansuar. Setiap pondok dilengkapi ranjang kayu, beralas tilam tipis dan dilengkapi kelambu. Tarifnya sekira Rp250 ribu/malam termasuk 3 kali makan dan tersedia kopi serta teh selama 24 jam.

Pilihan lain adalah Kri Eco Resort yang dibangun di atas air dan dihubungkan oleh jembatan-jembatan antara satu bungalow dengan bungalow lainnya, serta Sorido bay yang juga menawarkan pemandangan spektakuler. Keduanya merupakan penginapan milik Papua Diving. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resmi mereka di www.papua-diving.com.

Perlu diketahui bahwa listrikhanya menyala selama beberapa jam sehingga Anda harus benar-benar menghemat baterai alat elektronik. Selain itu, karena di pulau ini tidak terdapat kios-kios berjualan maka disarankan untuk membawa perbekalan makanan atau camilan secukupnya.

Soal kapan waktu yang tepat mengunjungi Pulau Kri, Anda bisa menghindari kunjungan pada Juni sampai Agustus, karena pada saat-saat tersebut sering terjadi hujan, badai, dan gelombang laut yang tinggi. Waktu terbaik bisa didapat antara Oktober hingga Desember.