Sambil menyesap indahnya pantai di Lombok, Anda bisa berpetualang mendapatkan pengalaman kuliner baru di daerah ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki pusaka kuliner dengan citarasa pedas yang menggugah. Beberapa kuliner asal Lombok yang cukup terkenal diantaranya adalah plecing kangkung, ayam taliwang dan sate bulayak. Ketiganya mudah ditemukan di rumah makan sederhana hingga restoran-restoran mewah yang terdapat di Pulau Lombok dan sekitarnya.

Ayam Taliwang

Mungkin Anda sudah sering menyantap menu dengan bahan dasar ayam. Makanan yang satu ini berbeda karena menggunakan ayam kampung muda yang baru berusia 3-5 bulan. Ukurannya memang mungil seperti burung puyuh, namun rasanya menggigit karena bumbu pedasnya. Untuk membuat bumbu ayam taliwang, dibutuhkan beberapa rempah seperti cabai, bawang putih, bawang merah, terasi, kencur dan garam. Ayam dipanggang atau digoreng kemudian diolesi dengan bumbu hingga meresap, kemudian disajikan selagi hangat bersama nasi. Konon yang membuat ayam taliwang begitu spesial adalah perpaduan cabai merah dan rawit yang hanya bisa didapat di Lombok.

Ayam taliwang berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Itulah mengapa sebabnya nama taliwang masih membuntuti kuliner ini.

Plecing Kangkung

Masih untuk pecinta pedas, sebaiknya jangan Anda lewatkan makanan sehat yang satu ini. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dingin dengan sambal tomat yang terbuat dari cabai rawit, terasi dan tomat, kadang ditambahkan dengan jeruk limau agar lebih segar. Kuliner semakin lengkap ketika di dalam satu piring, Anda juga bisa menemukan sayuran lain seperti tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng dan urap.

Kangkung di Lombok sangat khas tidak seperti kangkung pada umumnya. Kangkung ditanam khusus di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung air dengan batangan besar yang renyah. Baik kelezatan ayam taliwang maupun plecing kangkung sudah menyebar hingga ke kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bali dan Medan. Apabila Anda ingin menyicipi hidangan yang asli Lombok, silahkan mengunjungi restoran-restoran di bawah ini.

Rumah Makan Ayam Taliwang Raya

Jalan Ade Irma Suryani No.53, Mataram

Ayam Goreng Taliwang Due Em

Jalan Transito Majeluk, Cakranegara Lombok

Ayam Goreng Taliwang H.Moerad

Jalan AA Gede Ngurah, Cakranegara Lombok

Sate Bulayak

Berbeda dengan ayam taliwang dan plecing kangkung, sate bulayak akan lebih sering ditemui di kios-kios hingga gerobak. Sama seperti jenis sate lainnya, bulayak terdiri dari daging ayam maupun sapi yang dicampur dengan jeroan namun tidak terlalu manis melainkan lebih didominasi dengan citarasa gurih.

Bumbu sate bulayak berwarna kuning pucat kemerah-merahan, dibuat dari kacang tanah sangrai yang direbus bersama santan dan dipadu dengan beberapa bumbu dapur lain. Rasa semakin nikmat ketika sate dilumuri dengan perasan jeruk dan irisan cabai rawit.